Minggu, 05 Mei 2013

Runtime Error


Dalam Java, exception merupakan obyek dari subkelas yang diturunkan dari kelas Throwable. Kelas Throwable ini terdapat dalam package java.lang.obyek. Exception merupakan suatu keadaan yang disebabkan oleh runtime error dalam program. 


Memungkinkan kesalahan ditangani tanpa harus ‘mengotori’ program (dengan rutin yang menangani kesalahan). Memungkinkan pemisahan penanganan kesalahan dengan program utama.

Beberapa kemungkinan error yang bisa terjadi antara lain :

  • Pemasukan data karakter ketika komputer meminta masukkan
  • Terjadi pembagian dengan nol
  • Path atau lokasi fie yang diberikan tidak sesuai
  • Operasi untuk mengakses variabel Array pada nomor indeks di luar batas.

Pada saat terjadi error normalnya alur proses segera berhenti dan akan menampilkan pesan tertentu, ketika terjadi itu data akan hilang agar tidak terjadi seperti itu java menyediakan mekanisme untuk "Menjebak dan menangkap" error yang mungkin terjadi tanpa harus mengkhawatirkan data yang hilang.

Sebenarnya dalam pemprograman, dikenal tiga buah Error, yaitu Syntax Error (error yang terjadi saat kompilasi), Run Time Error (error yang muncul saat program diexsekusi) dan Logic Error (Error yang muncul ketika output yang muncul tidak sesuai dengan yang diharapkan).

Tujuan adanya Exception adalah sebagai sarana untuk melaporkan jenis kondisi kesalahan saat program dijalankan, dan mengendalikanya agar run time error tersebut tidak mengakibatkan exsekusi dihentikan (statement setelahnya tetap diexsekusi).

Jenis Error yang dapat dimasukan kedalam kelompok error Exception merupakan jenis error yang masih dapat dimanipulasi dengan menyisipkan statement penyebab dan jenisnya. Ada kelompok Runtime Exception yang diperiksa oleh interpreter, apakah akan ditangani atau dilempar, namun ada pula Exception yang tidak ditangani oleh interpreter.

Pada Runtime Error ada kalanya program yang sudah berhasil di-compile dan sedang dieksekusi oleh interpreter mengalami error. Error ini bukan berasal dari kesalahan syntax, namun disebabkan oleh factor eksternal yang lain. Kebanyakan mengakibatkan terminasi program secara tidak normal atau bahkan sistem crash.  Seperti program gagal menemukan dan membuka suatu file, kesalahan operasi (pembagian bilangan dengan 0), data input yang tidak sesuai dengan tipe yang diminta, dsb. Dalam pemrograman, kondisi ini dikenal sebagai Exception (pengecualian).
  Contoh program pembagian bilangan dengan nol (0).


public class soal 
{

            public static void main(String[]args)

            {

            System.out.println("Sebelum Pembagian");

            System.out.println(5/0);

            System.out.println("Setelah Pembagian");

     }

}



Keluaran dari program tersebut adalah :


 




Daftar Rujukan
Hermawan, Benny. 2004. Menguasai Java 2 & Object Oriented Programming. Yogyakarta:Andi
http://www.robbyyuliendra.com/2012/05/contoh-penggunaan-perintah-exception-di.html
Herawati, Sri. Penanganan Kesalahan (blog.unsri.ac.id/userfiles/59081003002_error%20trap(1).doc. Di akses pada tanggal 06 November pukul 19.35

Tidak ada komentar: