Seiring dengan
perkembangan teknologi yang semakin meningkat, penggunaan komputer juga semakin
meningkat. Terutama dalam teknologi pembelajaran. Teknologi pembelajaran
merupakan teori dan praktik dalam mendesain pengembangan yang digunakan untuk
belajar. Hal ini bertujuan untuk merangsang siswa dalam proses belajar.
Teknologi pembelajaran juga tidak terlepas dari pembelajaran berbantuan
komputer karena dalam mendesain pembelajaran membutuhkan perangkat pada
komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.
Pembelajaran
Berbantuan Komputer (PBK) merupakan suatu alat yang digunakan sebagai bahan
pembelajaran secara tuntas. Hal ini bertujuan untuk membantu guru dalam proses
pembelajaran karena guru tidak perlu mengulang materi secara berkala. Dengan
PBK siswa bisa melakukan pembelajaran secara mandiri maupun dalam bimbingan
guru karena suatu materi telah dirancang di dalamnya sesuai dengan RPP.
Teknologi
pembelajaran akan membutuhkn adanya PBK karena keduanya tidak terlepas dari
teknologi. Keduanya saling membutuhkan. Teknologi pembelajaran sebagai
perancangan dalam pembuatan PBK, sehingga tercapai tujuan yang sesuai dari
pembelajaran. Dalam pembuatan PBK diharapkan sesuai dengan RPP karena sebagai
pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Hubungan antara Teknologi Pembelajaran
dengn PBK perlu adanya penjelasan karena tidak semua orang mengetahui hubungan
keduanya.
Dari uraian di
atas maka penulis mengambil judul “Hubungan
Teknologi Pembelajaran dengan Pembelajaran Berbantuan Komputer”, sehingga
mengetahui hubungan yang ada pada keduanya.
1. Pembahasan
1.1 Teknologi Pembelajaran
Teknologi Pembelajaran adalah teori dan
praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi
proses dan sumber untuk belajar. Tujuannya
untuk merangsang dan menumbuhkan semangat belajar. Teknologi
pembelajaran merupakan suatu bidang kajian khusus ilmu pendidikan dengan obyek
formal “belajar” pada manusia secara pribadi atau yang tergabung dalam
suatu organisasi. Belajar tidak hanya pada lingkup lembaga pendidikan, tetapi
juga organisasi misalnya keluarga, masyarakat, dsb. Tidak hanya secara
individu, belajar juga isa dilakukan secara berkelompok. Adanya perubahan
pada pengetahuan dan perilaku seseorang karena pengalaman. Jadi, teknologi pembelajaran adalah media
yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk
pembelajaran di samping guru, buku teks, dan papan tulis.
Menurut Seels & Richey (1994) beberapa disiplin ilmu lain yang
menjadi akar intelektual teknologi pembelajaran adalah psikologi, rekayasa
(engineering), komunikasi, ilmu komputer, bisnis, dan pendidikan
(Miarso, 2004: 200). Dalam hal ini teknologi pembelajaran dibangun
berdasarkan prinsip-prinsip yang ditarik dari beberapa teori di antaranya:
teori belajar pembelajaran, teknologi komunikasi, teknologi informasi, dll.
Salah satu bentuk
teknologi pembelajaran adalah komputer, bagian perangkat keras dan perangkat
lunak. Teknologi pembelajaran sangat bergantung pada :
1. Jenis materi pembelajaran;
2. Sifat atau karakteristik pemelajar;
3. Organisasi dimana pembelajaran
berlangsung;
4. Kemampuan sarana yang tersedia; dan
5. Keahlian para praktisi.
Terdapat beberapa fungsi teknologi pembelajaran sebagai
berikut.
1. Sebagai sarana bahan ajar yang ilmiah
dan obyektif.
2. Sebagai sarana untuk memotifasi peserta
didik yang semangat belajarnya rendah.
3. Sebagai sarana untuk membantu peserta
didik mempresentasikan apa yang mereka ketahui
4. Sebagai sarana untuk meningkatkan
efektifitas pembelajaran.
5. Sebagai sarana mempermudah penyampaian
materi.
6. Sebagai sarana untuk mempermudah desain
pembelajaran.
7. Sebagai media pendukung pelajaran
dengan mudah
8. Sebagai sarana pendukung terlaksananya
program pembelajaran yang sistematis
9. Sebagai sarana meningkatkan
keberhasilan pembelajaran.
1.2 Pembelajaran Berbantuan Komputer
Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah semua proses belajar mengajar
yang menggunakan komputer sebagai media pembelajaran. Ada banyak istilah asing
dari PBK (Pembelajaran Berbantuan Komputer), yaitu Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Based Instruction
(CBI), Computer Assisted
Learning (CAL), Computer
Managed Instruction (CMI), dan Computer Based Education (CBE). Tetapi PBK tidak bisa terlepas
dari guru, karena telah terbukti pembelajaran dengan komputer dan guru lebih
efektif daripada pembelajaran dengan komputer saja atau guru saja. Dalam hal
ini PBK membantu guru dalam proses pembelajaran, sehingga guru tidak lagi
mengulang pelajaran yang selesai diberikan.
Pembelajaran
Berbantuan Komputer merupakan sarana yang baik digunakan dalam proses belajar
mengajar karena dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien
(Sigit, dkk, 2008). Pemberian materi, pemberian tes dan pemberian umpan
balik semuanya dilakukan oleh komputer. PBK merupakan suatu cara/metode
pembelajaran yang menggunakan aplikasi komputer sebagai media utamanya. Komputer
sebagai salah satu bentuk teknologi yang digunakan sebagai alat bantu untuk
bahan pembelajaran. Komputer sebagai penghubung antara siswa dan guru. Semua
materi tersedia dalam komputer, sehingga siswa bisa mengulang materi yang
kurang paham sesuai keinginan.
PBK yang membelajarkan harus ada tujuan dan materi, menggunakan alat yang
membelajarkan. Dalam mengembangkan PBK seharusnya dilengkapi dengan teks dan
gambar, sehingga lebih bervariasi dan menyenangkan. Pada setiap soal evaluasi
hendaknya memberikan motivasi yang membangun pada siswa.
1.3 Hubungan Teknologi Pembelajaran dengan
Pembelajaran Berbantuan Komputer
Teknologi pembelajaran merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan alat
bantu teknologi, sehingga memudahkan pengguna (guru dan siswa) dalam proses
belajar. Dengan demikian, pembelajaran berbantuan komputer sangat mempengaruhi
teknologi pembelajaran karena satu sama lain saling melengkapi. Dalam membuat
PBK harus sesuai dengan prinsip PBK dan desain pengembangan untuk belajar pada
teknologi pembelajaran. Sama halnya dengan teknologi pembelajaran, dengan
bantuan PBK akan lebih efektif karena adanya alat yang membelajarkan. Dengan
bantuan perangkat keras dan perangkat lunak pada PBK, teknologi pembelajaran
akan semakin berguna untuk proses pembelajaran. Pengguna akan menilai lebih
karena dengan bantuan PBK lebih interaktif dan sesuai dengan alur pada RPP.
2. Penutup
2.1 Simpulan
Dari pembahasan di atas dapat
disimpulkan:
1.
Teknologi pembelajaran merupakan suatu teori
atau praktik dalam mendesain suatu pembelajaranyang bertujuan untuk merangsang
semangat belajar siswa..
2.
Pembelajaran Berbantuan Komputer merupakan suatu
proses pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat untuk pembelajaran,
sehingga membantu guru dlam menjelaskan materi yang tidak bisa guru ulangi.
3.
Hubungan teknologi pembelajaran dengan
pembelajaran berbantuan komputer adalah sebagai suatu pembelajaran yang
menggunakan alat bantu teknologi dalam membuat pembelajaran, sehingga
memudahkan pengguna(siswa dan guru).
3. Daftar Rujukan
Desi, Septi Retno. 2012. Pembelajaran Berbantun Komputer dalam Teknologi Pembelajaran(http://septi-pendtium10.blogspot.com/2012/10/pembelajaran-berbantuan-komputer-dalam.html) diakses pada 18 Februari 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar