Senin, 19 September 2011

Data dan Informasi

Data adalah sekumpulan fakta yang diperlakukan sebagai bahan mentah. Adapun jenis-jenis data adalah teks, gambar, audio, grafik, dsb.Untuk menjadikan informasi, data perlu mengalami tahap pemprosesan.
Informasi adalah data yang telah dimanipulasi, saling berhubungan dan memiliki makna didalam kontesknya.
knowladge atau pengetahuan adalah hasil dari internalisasi informasi tentang perhatian area tertentu untuk mndukung keputusan serta hasil dari memahami informasi. Sifat informasi perfect dan inperfect.

Sumber informasi beraneka ragam, diantaranya adalah observasi, angket, even, pemodelan, media massa, dll. Sedangkan karakteristik informasi yang baik adalah tepat waktu, akurat, tidak ada unsur keraguan, berdasarkan fakta, mudah di akses dan berhubungan. Evolusi pada abad informasi adalah abad pertanian ( tahun < 1800), abad industri ( 1800 - 1957 ), abad informasi ( 1957 - sekarang).
Masyarakat informasi adalah masyarakat yang lebih banyak bekerja dibidang penanganan informasi daripada di bidang pertanian dan industri.
Teknologi adalah aplikasi praktis dari sains dalam industri. Menurut kamus oxford (1995), Teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika. Tujuan teknologi informasi adalah memecahkan masalah, membuka kreativitas, dan evisiensi. Fungsinya adalah menangkap, mengolah, menghasilkan, menyimpan, mengambil kembali dan melakukan transmissi. Teknologi informasi sangat diperlukan karena pengaruh globalisasi, tekanan persaingan bisnis, dan peningkat layanan. Beberapa komponen utama teknologi informasi adalah hardware, software, dan brainware. komponen pendukung yang merupakan gabungan dari beberapa komponen utama adalah firmware dan infoware. Teknologi informasi diterapkan dalam dunia industri, pemerintahan, pendidikan,kesehatan, hiburan, dsb.

5 komentar:

Sri Murti Wirandini mengatakan...

noviiiii....
*kecup manis

Unknown mengatakan...

Makasih Wira sayang. . . . Aku padamu ya :* :D

Faiz Al-Qurni mengatakan...

Ceileh, anak2 pada ngeblog semua. ajari dong :D

Faiz Al-Qurni mengatakan...

Ceileh, anak2 pada ngeblog semua. Ajari dong :D

Unknown mengatakan...

ihhhh. . . . Aissss, Jadi malu aku. Kan aku mau belajar ma kamu dezing-dezingnya :D