Selasa, 04 Juni 2013

Industriku, Praktikku

Praktik Industri yang biasa disebut PI merupakan salah satu matakuliah wajib. sksnya juga lumayan banyak, tak heran jika pelaksanaannya waktu liburan. Secara, liburan 3 bulan harus dimanfaatkan dengan baik. Aku mengambil PI di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (DISHUBKOMINFO) Kabupaten Pamekasan. Di Sumenep sih juga ada, supaya banyak temannya ngungsi ke Pamekasan. Tak apalah, pengalaman. Apalagi dalam proses penyusunan laporan tidak sendirian.

Sejauh ini, kita bertugas di Ralita yang merupakan sub dari DISHUBKOMINFO. Ralita merupakan salah satu radio yang dikelola oleh pemerintah yang berawal dari Radio khusus Pemerintah Daerah ( RKPD) . Dengan berbagai hiburan dan info di sekitar Pamekasan yang aktual. Mengudara dengan nama RalitA FM(Swara Pelita Abadi) yang beralamat di Jln. Pamong praja no.3 Pamekasan. Awal mula, radio ini berada pada frekuensi 89.9 MHz, tetapi berdasarkan peraturan yang baru berganti menjadi 89.1 MHz. 
Selama beberapa hari di Ralita, kita mendapat tambahan ilmu misalnya cara membuat berita dan membacakan berita di Radio. Cara membuat berita untuk radio dan televisi hampir sama, hanya saja pada berita radio berupa audio bukan video. Membuat berita untuk dibacakan tidak terlalu banyak kurang lebih 4 paragraf. Untuk titik diganti dengan "//" yang berarti berhenti untuk mengambil napas dan koma "/" mengambil napas sebentar. Hal ini akan memudahkan para pembaca berita. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, menarik, dan kalau ada nama lainnya(misal Bandung menjadi kota kembang). 
Sedangkan pada saat pembacaan, kita hanya mengikuti berita yang tadi dibuat. Membacakan dengan nada yang sama dari awal sampai akhir. Jika ada suara yang melenceng (fals), bisa di-edit atau disesuaikan dengan aplikasi misalnya edit pro. Berita yang pendengar simak enak didengar. Berita yang berhasil kita buat tentang Persepam vs PBR dan kelulusan SMP di Pamekasan.
Kita juga mempunyai tugas untuk meng-upload berita-berita ke alamat webnya Ralita. Kalian yang tidak bisa stay di radio bisa update berita di Ralita FM. Meng-edit suara narasumber yang kurang jelas, sehingga bisa pendengar dengarkan dengan baik. 
Begitulah ilmu yang kita dapat dari salah satu reporter Ralita FM Ahmad Fawaid. Sedangkan dari reporter Ralita yang satunya, Taufiqur Rahman memberikan kita tugas untuk menganalisis website Ralita, sehingga lebih bagus dan update selalu. Serta streaming bisa berjalan sesuai siarannya. 
Inilah ilmu yang kita dapat selama satu minggu Praktik Industri. Semoga bisa bermanfaat untuk ita semua. 

Tidak ada komentar: