Rabu, 19 Februari 2014

Hubungan Teknologi Pembelajaran dengan Pembelajaran Berbantuan Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, penggunaan komputer juga semakin meningkat. Terutama dalam teknologi pembelajaran. Teknologi pembelajaran merupakan teori dan praktik dalam mendesain pengembangan yang digunakan untuk belajar. Hal ini bertujuan untuk merangsang siswa dalam proses belajar. Teknologi pembelajaran juga tidak terlepas dari pembelajaran berbantuan komputer karena dalam mendesain pembelajaran membutuhkan perangkat pada komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) merupakan suatu alat yang digunakan sebagai bahan pembelajaran secara tuntas. Hal ini bertujuan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran karena guru tidak perlu mengulang materi secara berkala. Dengan PBK siswa bisa melakukan pembelajaran secara mandiri maupun dalam bimbingan guru karena suatu materi telah dirancang di dalamnya sesuai dengan RPP.
Teknologi pembelajaran akan membutuhkn adanya PBK karena keduanya tidak terlepas dari teknologi. Keduanya saling membutuhkan. Teknologi pembelajaran sebagai perancangan dalam pembuatan PBK, sehingga tercapai tujuan yang sesuai dari pembelajaran. Dalam pembuatan PBK diharapkan sesuai dengan RPP karena sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Hubungan antara Teknologi Pembelajaran dengn PBK perlu adanya penjelasan karena tidak semua orang mengetahui hubungan keduanya.
Dari uraian di atas maka penulis mengambil judul “Hubungan Teknologi Pembelajaran dengan Pembelajaran Berbantuan Komputer”, sehingga mengetahui hubungan yang ada pada keduanya.

1. Pembahasan
1.1  Teknologi Pembelajaran
Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Tujuannya untuk merangsang dan menumbuhkan semangat belajar. Teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang kajian khusus ilmu pendidikan dengan obyek formal “belajar” pada manusia secara pribadi atau yang tergabung dalam suatu organisasi. Belajar tidak hanya pada lingkup lembaga pendidikan, tetapi juga organisasi misalnya keluarga, masyarakat, dsb. Tidak hanya secara individu, belajar juga isa dilakukan secara berkelompok. Adanya perubahan pada pengetahuan dan perilaku seseorang karena pengalaman. Jadi, teknologi pembelajaran adalah media yang lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran di samping guru, buku teks, dan papan tulis.
Menurut Seels & Richey (1994) beberapa disiplin ilmu lain yang menjadi akar intelektual teknologi pembelajaran adalah psikologi, rekayasa (engineering), komunikasi, ilmu komputer, bisnis, dan pendidikan (Miarso, 2004: 200). Dalam hal ini teknologi pembelajaran dibangun berdasarkan prinsip-prinsip yang ditarik dari beberapa teori di antaranya: teori belajar pembelajaran, teknologi komunikasi, teknologi informasi, dll.
Salah satu bentuk teknologi pembelajaran adalah komputer, bagian perangkat keras dan perangkat lunak.  Teknologi pembelajaran sangat bergantung pada :
1.      Jenis materi pembelajaran;
2.      Sifat atau karakteristik pemelajar;
3.      Organisasi dimana pembelajaran berlangsung;
4.      Kemampuan sarana yang tersedia; dan
5.      Keahlian para praktisi.

Terdapat beberapa fungsi teknologi pembelajaran sebagai berikut.
1.      Sebagai sarana bahan ajar yang ilmiah dan obyektif.
2.      Sebagai sarana untuk memotifasi peserta didik yang semangat belajarnya rendah.
3.      Sebagai sarana untuk membantu peserta didik mempresentasikan apa yang mereka ketahui
4.      Sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran.
5.      Sebagai sarana mempermudah penyampaian materi.
6.      Sebagai sarana untuk mempermudah desain pembelajaran.
7.      Sebagai media pendukung pelajaran dengan mudah
8.      Sebagai sarana pendukung terlaksananya program pembelajaran yang sistematis
9.      Sebagai sarana meningkatkan keberhasilan pembelajaran.


1.2  Pembelajaran Berbantuan Komputer
Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah semua proses belajar mengajar yang menggunakan komputer sebagai media pembelajaran. Ada banyak istilah asing dari PBK (Pembelajaran Berbantuan Komputer), yaitu Computer Assisted Instruction  (CAI),  Computer Based Instruction  (CBI),  Computer Assisted Learning  (CAL),  Computer Managed Instruction  (CMI),  dan  Computer Based Education (CBE). Tetapi PBK tidak bisa terlepas dari guru, karena telah terbukti pembelajaran dengan komputer dan guru lebih efektif daripada pembelajaran dengan komputer saja atau guru saja. Dalam hal ini PBK membantu guru dalam proses pembelajaran, sehingga guru tidak lagi mengulang pelajaran yang selesai diberikan.
Pembelajaran Berbantuan Komputer merupakan sarana yang baik digunakan dalam proses belajar mengajar karena dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien (Sigit, dkk, 2008). Pemberian materi, pemberian tes dan pemberian umpan balik semuanya dilakukan oleh komputer. PBK merupakan suatu cara/metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi komputer sebagai media utamanya. Komputer sebagai salah satu bentuk teknologi yang digunakan sebagai alat bantu untuk bahan pembelajaran. Komputer sebagai penghubung antara siswa dan guru. Semua materi tersedia dalam komputer, sehingga siswa bisa mengulang materi yang kurang paham sesuai keinginan.
PBK yang membelajarkan harus ada tujuan dan materi, menggunakan alat yang membelajarkan. Dalam mengembangkan PBK seharusnya dilengkapi dengan teks dan gambar, sehingga lebih bervariasi dan menyenangkan. Pada setiap soal evaluasi hendaknya memberikan motivasi yang membangun pada siswa.

1.3  Hubungan Teknologi Pembelajaran dengan Pembelajaran Berbantuan Komputer
Teknologi pembelajaran merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan alat bantu teknologi, sehingga memudahkan pengguna (guru dan siswa) dalam proses belajar. Dengan demikian, pembelajaran berbantuan komputer sangat mempengaruhi teknologi pembelajaran karena satu sama lain saling melengkapi. Dalam membuat PBK harus sesuai dengan prinsip PBK dan desain pengembangan untuk belajar pada teknologi pembelajaran. Sama halnya dengan teknologi pembelajaran, dengan bantuan PBK akan lebih efektif karena adanya alat yang membelajarkan. Dengan bantuan perangkat keras dan perangkat lunak pada PBK, teknologi pembelajaran akan semakin berguna untuk proses pembelajaran. Pengguna akan menilai lebih karena dengan bantuan PBK lebih interaktif dan sesuai dengan alur pada RPP.


2.      Penutup 
2.1  Simpulan
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan:
1.      Teknologi pembelajaran merupakan suatu teori atau praktik dalam mendesain suatu pembelajaranyang bertujuan untuk merangsang semangat belajar siswa..
2.      Pembelajaran Berbantuan Komputer merupakan suatu proses pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat untuk pembelajaran, sehingga membantu guru dlam menjelaskan materi yang tidak bisa guru ulangi.
3.      Hubungan teknologi pembelajaran dengan pembelajaran berbantuan komputer adalah sebagai suatu pembelajaran yang menggunakan alat bantu teknologi dalam membuat pembelajaran, sehingga memudahkan pengguna(siswa dan guru).


3.      Daftar Rujukan

Desi, Septi Retno. 2012. Pembelajaran Berbantun Komputer dalam Teknologi Pembelajaran(http://septi-pendtium10.blogspot.com/2012/10/pembelajaran-berbantuan-komputer-dalam.html) diakses pada 18 Februari 2014

Tidak ada komentar: