Selasa, 04 Maret 2014

Cara Membersihkan Komponen Komputer

        Untuk melakukan perawatan komputer, membutuhkan beberapa peralatan, sehingga komputer menjadi bersih dan tidak terjadi masalah. Beberapa peralatan beserta cara menggunakannya sebagai berikut.
  1.     Obeng. Suatu alat yang berfungsi untuk membuka bagian-bagian PC yang terkunci oleh baut. Obeng ini banyak mcamnya seperti obeng positif (+) dan obeng negatif(-). Cara menggunakannya dengan mencocokkan antara obeng dan baut, sehingga tidak merusak mur pada baut yang mengakibatkan kerusakan.
  2.     Kuas. Kuas merupakan alat untuk membersihkan pori-pori pada bagian PC yang kotor akibat debu. Bulu-bulu halus pada kuas berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada perangkat dalam PC.
  3.     CD Cleaner. Untuk membersihkan CD ROM dari debu. CD Cleaner merupakan suatu CD yang dilengkapi dengan bulu-bulu di bawahnya berfungsi untuk membersihkan piringan pada CD 
  4.      ROM.Penghapus pensil. Alat ini berfungsi untuk membersihkan Memory(RAM).Cara menggunakannya dengan menghapus bagian memori yang berwarna kuning emas, sehingga bagian tersebut mengkilap. Meniup kotoran sisa penghapus, sehingga tidak membuat kotor bagian lain. 
  5.         Penyedot debu mini. Alat ini berfungsi menyedot debu-debu pada komponen PC. Cara kerjanya dengan mengarahkan alat pada komponen yang kotor, sehingga debu terangkat. Hampir sama dengan kuas, hanya saja cara kerja kuas tidak secepat penyedot debu. Mungkin penyedot debu mini bisa lebih bersih daripada kuas. 
  6.         Tisu. Untuk membersihkan bagian komponen komputer. Komponen komputer yang sekiranya bisa dibersihkan dengan tisu. Misalnya bagian-bagian memory(RAM) selain yang berwarna emas.

Cara Membersihkan Komponen PC
     Sebelum melakukan pembersihan pada PC, langkah pertama dengan melepas semua komponen-komponen PC. Hal ini bertujuan mempermudah proses pembersihan. Jika membersihkan salah satu komponen, menjauhkan komponen-komponen lain, sehingga debu pada komponen tersebut tidak masuk pada komponen lain. Untuk pembersihan PC dengan cara melepas semua komponen sebaiknya tidak dilakukan setiap kali membersihkan jika hanya berselang sebulan. Hal ini untuk menghindari adanya kerusakan pada mur masing-masing komponen.
Berikut ini merupakan cara membersihkan beberapa komponen PC.
1.    Casing. Pertama kali yang seharusnya dilakukan adalah membuka Casing dari PC. Hal ini bertujuan mempermudah dalam hal pembersihan. Salah satu bagian saja yang dilepas.
2.    Harddisk. Cara merawat membersihkan bagian harddisk dengan kuas atau penyedot debu mini.
3.    Memory(RAM). Membersihkan bagian memory yang berwarna kuning emas dengan penghapus pensil. Hal ini bertujuan membuat warna emas tersebut menjadi mengkilap. Kemudian membersihkan bagian lainnya dengan kuas atau tisu.
4.    Heatsink fan. Untuk membersihkan komponen ini bisa menggunakan kuas atau penyedot debu mini. Dengan ruas yang lebar mempermudah pengguna untuk membersihkannya. Setelah bersih menjauhkan dari komponen yang belum bersih sangat disarankan untuk mengantisipasi debu yang kembali pada heatsink.
5.    Motherboard. Dalam motherboard  terdapat banyak skat-skat untuk menancapkan kabel penghubung antar komponen. Sebaiknya tidak mencuci motherboard dengan air karena bisa membuat kerusakan pada beberapa komponen yang melekat. Misalnya saja pada skat sekitar lan card, yang banyak bagian-bagian kecil. Hal ini membuat bagian komponen tersebut karat karena air tidak kering sepenuhnya. Bisa jadi akan mengakibatkan kerusakan pada komponen kecil. Sebaiknya dicuci dengan bensin dan semacamnya yang mudah menguap karena tidak akan meninggalkan bekas air. 
6.  Processor. Hati-hati dalam melakukan pembersihan pada komponen ini. Jangan sampai menyentuh bagian sensitif dari komponen ini. Dalam membersihkan, usahakan tangan tidak basah, sehingga tidak terjadi kerusakan pada komponen.

Tips dalam Merawat Komputer
1. Jangan meletakkan komputer terlalu rapat dengan dinding karena akan menghambat adanya sirkulasi udara.
2. Jangan menempatkan komputer dekat dengan jendela. Hal ini akan mengakibatkan PC cepat kotor karena debu yang datang dari jendela.
3. Jika membersihkan komponen komputer, jangan menggunakan air. Sebaiknya menggunakan bensim dan semacamnya yang cepat menguap karena komponen pada PC mayoritas terbuat dari tembaga. Jadi, akan menghambat adanya korosi dan konslet ketika terhubung dengan aliran listrik. 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

KEREN ASLI SOB:)

Fatimah Novi Warkita mengatakan...

Terima kasih :)