Rabu, 16 April 2014

Review Software Auslogics Disk Defrag versi 4.5.2.0

Software Auslogics Disk Defrag merupakan salah satu software gratis untuk men-defrag harddisk. Menata kembali isi harddisk, sehingga bagian-bagian file rapi pada tempatnya. Software ini membantu pengguna melakukan defrag harddisk cukup banyak, sehingga bisa mempermudah ketika men-defrag. Tidak hanya menata, tetapi juga menjaga kestabilan dan kondisi harddisk. Cara kerjanya menata kembali file-file yang terdapat pada harddisk


       Auslogics Disk Defrag dapat membantu pengguna menganalisa dan melakukan defragmen partisi harddisk secara bersamaan. Akan muncul tujuh kotak berwarna berisi informasi ketikapengguna menjalankan tool ini. Kotak putih untuk Free Space yang ada di harddisk, hijau untuk file yg tidak di-defrag, ungu untuk Master File Table (tempat disimpannya informasi mengenai file pada sistem storage NTFS), abu-abu untuk unmovable file, jingga untuk proses defrag yang sedang berlangsung, merah untuk file yg sudah di defrag, dan biru untuk defragmented
Persyaratan sistem pada software Auslogics DIs Defrag ini sebagai berikut.
1.      Windows XP: SP3 (32 bit)
2.      Windows Vista: SP2 (32 bit)
3.      Windows 7: (32 bit / 64 bit)
4.      Windows 8: (32 bit / 64 bit)
Fitur yang ada pada Software Auslogics Disk Defrag  sebagai berikut.
1.      Defrag file dan folder tertentu(ActionàAdvancedàDefrag Folder. . atau Defrag File. . .). Auslogics bisa melakukan defrag untuk folder tertentu. Tidak hanya fokus pada satu drive, tetapi bisa menelusuri pada folder dan file tunggal. Hal ini memudahkan pengguna jika hanya ingin men-defrag folder tertentu saja, tidak perlu defrag keseluruhan harddisk. Dengan fitur ini akan menghemat waktu karena tidak melakukan secara keseluruhan. Jadi, pengguna bisa melakukan defrag pada folder atau aplikasi yang sering pengguna gunakan saja.
2.      Auto defrag ketika komputer idle(SettingàScheduler).  Pengguna bisa melakukan pengaturan pada fitur ini. Jika ingin melakukan defrag secara otomatis ketika komputer tidak sedang digunakan(idle), proses defrag berjalan secara background, sehingga pengguna tidak membutuhkan adanya pemberitahuan ketika akan melakukan defrag. Hal ini berguna ketika pengguna ingin men-defrag harddisk tanpa mengganggu pekerjaan di komputer.
3.      Mengetahui daftar file yang ter-fragmented. Pengguna akan mengetahui secara detail setiap file yang mengalami proses defrag, sehingga dengan jelas melihat proses optimasi yang sedang terjadi. Tidak hanya menampilkan area cluster area cluster yang terfragmentasi, tetapi menampilkan setiap file yang terfragmen, sehingga pengguna bisa men-defrag file sesuai keinginan.
4.      Auto Shutdown setelah proses defrag. Proses defrag pada harddisk membutuhkan waktu banyak. Dengan fitur ini pengguna bisa melakukan pengaturan untuk shutdown secara otomatis ketika proses defrag selesai.
5.      Men-defrag dan mengoptimalisasi harddisk. Melakukan defrag dan optimalisasi pada masing-masing harddisk, sehingga isi pada harddisk tertata rapi.
6.      System files smart placement.  Sistem file yang ada pada drive akan ditata sesuai dengan tempatnya.
7.      Free space consolidation. Tempat kosong yang ada pada harddisk, sehingga pengguna mengetahui kapasitas harddisk.
       Terdapat beberapa fitur yang software lain tidak memilikinya, yaitu fitur untuk mendefrag folder atau file tunggal, fitur auto defragmenter ketika komputer idle, dan memberikan daftar file yang terfragmented.
Cara kerja defragment pada MS Windows: 
1.      Melihat data-data dalam hard disk 
2.      Memindahkan data yang perlu dipindahkan ke tempat kosong (oleh karena itu defragment pada MS Windows memerlukan minimal 15% kapasitas hard disk) 
3.      Mengelompokkan data berdasarkan kategorinya 
4.      Data yang terlalu besar dibiarkan pada tempatnya 
5.      Data sistem dibiarkan pada tempatnya

Ada beberapa fitur yang membedakan antara auslogics dengan defrag lainnya seperti difrag file atau folder tertentu, auto defrag ketika komputer idle, mengetahui daftar file yang ter-fragmented, dan auto shutdown setelah proses defrag. Beberapa fitur ini yang menjadi pembeda dengan defrag lainnya. Mungkin bisa jika mengalami bad sector. Untuk sementara kami masih belum menemukan adanya bad sector pada harddisk.Jadi, mungkin bisa mendeteksi jika ada bad sector.

DAFTAR RUJUKAN
Acnologia, Mamado. 2009. Download Auslogics Disk Defrag : Untuk Analisa dan Defrag Harddisk(Online)(http://mamaders.blogspot.com/2009/12/download-auslogics-disk-defrag-untuk.html)   diakses pada 03 April 2014

Anonymous. 3 Alasan Kenapa Auslogics Disk Defrag Lebih Baik daripada Defragmenter Tool Gratis Lainnya(Online) (http://www.pusatgratis.com/software/3-alasan-kenapa-auslogics-disk-defrag-lebih-baik-daripada-defragmenter-tool-gratis-lainnya.html) diakses pada 03 April 2014

.Anonymous. 2013.Software Auslogics Disk Defrag: Mendefrag Harddisk( http://terus-tambah-pengetahuan.blogspot.com/2013/11/software-auslogics-disk-defrag.html) diakses pada 03 April 2014


Anonymous. Fungsi disk defragmenter pada komputer? Cara kerja disk defragmenter?(Online)(https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080915034656AAKzkvs) diakses pada 03 April 2014

Tidak ada komentar: